Kamis, 30 Agustus 2012

Kendaraan dari Selatan Diarahkan Lewat Tol Pejagan

AppId is over the quota
Jumar Sudiyana / Radio Sonora Suatu senja di Kota Brebes,pada Lebaran Hari Kedua, Senin (20/8/2012)petang masih ramai pemudik arah Timur Jawa Tengah.

BREBES, KOMPAS.com - Mengantisipasi lonjakan arus balik Lebaran, Kepolisian Resort Brebes Jawa Tengah, kembali menerapkan sistim rekayasa lalulintas di kawasan Tol Pejagan dan sekitarnya.

Kapolres Brebes Ajun Komisaris Besar Polisi Kif Aminanto mengatakan, kendaraan pemudik yang dari datang arah selatan bisa langsung mengambil satu jalur dari arah Ketanggungan ke Gerbang Tol Pejagan.

"Semua kendaraan dari arah Selatan akan diarahkan lewat Pintu Tol Pejagan, dimana hal tersebut kebalikan pada waktu arus mudik yang lalu," tuturnya Selasa (21/8/2012) dinihari.

Aminanto menambahkan, Pertigaan Pejagan, lokasi yang berpotensi macet akan mendapat penjagaan khusus petugas kepolisian. Jika perlintasan pintu kereta ditutup saat ada rangkaian kereta melintas, maka arus kendaraan akan diarahkan ke Jalur Pantura via Losari. Tetapi jika tidak ada kereta api yang melintas dan palang pintu kereta api terbuka, kendaraan dari arah Pantura Jawa Tengah akan diarahkan masuk Tol Pejagan.

"Kalau ada rangkaian kereta api melintas di Pertigaan Pejagan, semua kendaraan akan diluruskan semua ke Jalur Losari dan Kanci, tetapi jika palang pintu kereta terbuka, kendaraan akan masuk Tol Pejagan," tambah Kapolres.

Polisi juga akan menerapkan sistem 3-1 dimana kendaraan dari arah timur diberi 3 lajur dan 1 lajur khusus arus kendaraan dari arah barat mengingat volume kendaraan dari barat sudah menurun.

Kapolres Brebes AKBP Kif Aminanto menambahkan, pemudik dari arah Selatan yang melintas di sekitar Ciregol tidak perlu kawatir karena saat ini kondisi jalan sudah baik pascaturunnya permukaan tanah di lokasi tersebut beberapa waktu lalu.

Sementara itu di titik lokasi pusat penjualan oleh-oleh Khas Brebes, polisi akan ditempatkan untuk mengatur lalulintas agar tidak menimbulkan kepadatan, Kapolres juga menghimbau pemudik yang akan berbelanja oleh-oleh di sepanjang Kota Brebes dan sekitarnya agar tertib dan tidak parkir di bahu jalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar