Minggu, 13 Januari 2013

Pasokan Berkurang, Harga Hasil Bumi Mulai Naik

AppId is over the quota
Pasokan Berkurang, Harga Hasil Bumi Mulai Naik Tanaman cabai.

KEBUMEN, KOMPAS.com - Memasuki puncak musim penghujan harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah melonjak. Kondisi ini diduga akibat berkurangnya pasokan akibat buruknya kualitas panen sejumlah komoditas akibat curah hujan terlalu tinggi.

Pantauan di Pasar Prembun, Kebumen, Kamis (10/1/2013) beberapa barang kebutuhan yang harganya naik, antara lain kacang tanah kupas dari Rp 18.000 per kilogram (kg) menjadi Rp 18.500, tomat dari Rp 5.000 menjadi Rp 5.500 per kg, cabai merah keriting dari Rp 10.000 menjadi Rp 16.000 per kg, dan cabai rawit dari Rp 18.000 menjadi Rp 22.000 per kg.

Kenaikan harga juga terjadi pada komoditas bawang merah dari Rp 14.000 per kg menjadi Rp 16.000 per kg.

Suwartilah (45), pedagang besar sayuran di Pasar Prembun mengatakan, pasokan komoditas terutama sayuran dan produk hortikultura dari sejumlah wilayah sentra pertanian memang berkurang.

"Banyak panenan busuk sehingga tidak dikirim. Informasinya, curah hujan terlalu tinggi sebulan ini membuat banyak kebun tergenang air sehingga hasil panen jelek," ujarnya

Kepala Seksi Perlindungan Konsumen Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Pasar Kebumen, Agung Patuh Gunawan Ahmadi, mengatakan kenaikan terjadi sejak di tingkat pedagang.

"Kenaikan harga masih relatif wajar dan terjangkau masyarakat. Permintaan masyarakat juga relatif stabil. Jadi kemungkinan besar karena pasokan yang berkurang," katanya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar