Sabtu, 06 Oktober 2012

Masyarakat Menikmati Liburan Lebaran

AppId is over the quota
Masyarakat menikmati hari libur Lebaran dengan berwisata di kawasan Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Senin (20/8). Jumlah pengunjung di kawasan ini meningkat menjadi sekitar 7.000 orang saat libur Lebaran dibandingkan hari biasa yang hanya mencapai sekitar 1.000 orang.

LAMONGAN, KOMPAS.com - Selain bersilaturahim kepada keluarga dan kerabat, sebagian besar masyarakat memanfaatkan hari libur Lebaran untuk berwisata. Hampir setiap tempat wisata di beberapa kota di Indonesia dipadati pengunjung. Mereka menikmati fasilitas yang disediakan pengelola tempat wisata.

Di Lamongan, Jawa Timur, Wahana Bahari Lamongan (WBL) dan Kebun Binatang Maharani menjadi tempat tujuan favorit. Kedua obyek wisata di Kecamatan Paciran, Lamongan, itu berseberangan dan memakai sistem tiket terusan sehingga mudah dikunjungi.

”Pada hari kedua Lebaran, lebih dari 10.000 pengunjung ke WBL dan kebun binatang. Pada hari biasa hanya 1.000-2.000 pengunjung,” kata staf marketing WBL, Azhari Reyhan. Khusus Lebaran ini, WBL juga meluncurkan tiga wahana permainan baru. Total ada 45 wahana permainan untuk anak dan dewasa di tempat tersebut.

Sementara daya tarik wisata di Kebun Binatang Maharani adalah koleksi satwa albino seperti singa, ular, dan burung merak. Juga terdapat goa sepanjang 350 meter yang memiliki stalaktit dan stalakmit yang indah.

”Anak dan keponakan saya mengajak ke WBL karena banyak permainan menantang,” kata Budi Rusyanto (49), pengunjung asal Kota Surabaya. Wahana yang menantang itu antara lain jenis permainan kereta luncur atau wahana berbentuk perahu yang diayun tinggi.

Di Kota Surabaya, Kebun Binatang Surabaya (KBS) dipadati hingga sekitar 25.000 orang pada Senin kemarin. Sebanyak 70 persen merupakan warga Surabaya dan 30 persen warga luar Surabaya. ” Pada libur Lebaran hari kedua tahun lalu hanya dikunjungi 10.000-15.000 orang,” kata Kepala Humas KBS Anthan Warsito.

Tidak hanya Kebun Binatang Maharani dan KBS yang dipadati ribuan pengunjung. Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta dan Ragunan Jakarta kondisinya juga sama.

Lia (40) bersama suaminya, Deddy (40) yang mudik dari Bandung ke Yogyakarta bersama tiga anaknya, juga berlibur ke Gembira Loka. Pada hari pertama, mereka bersilaturahim ke keluarga di Sleman dan pada Lebaran hari kedua mereka menghabiskan waktu di Gembira Loka.

Seorang pengunjung asal Citayam, Kabupaten Bogor, Titi (55), mengatakan, Ragunan menjadi pilihan berlibur bersama keluarga karena lokasinya yang relatif tidak terlalu jauh dan harga tiket masuk yang murah. selain itu, akses angkutan umum menuju lokasi pun mudah.

Wisata di pantai juga menjadi pilihan. Kawasan wisata Pantai Anyer, Serang, Banten, dipadati wisatawan pada Lebaran hari kedua, Senin (20/8). Kemacetan pun terjadi di sepanjang jalan menuju Anyer.

Wisatawan kebanyakan berasal dari Jakarta dan sejumlah kota di Banten. Rustam (40), wisatawan, mengatakan sudah menjadi tradisi untuk berlibur di Anyer pada Lebaran hari kedua. ”Lebaran hari pertama dipakai untuk silaturahim ke tetangga dan saudara, baru pada Lebaran hari kedua kami sekeluarga liburan ke Anyer,” kata warga Cilegon ini.

Selain obyek wisata pantai, mercusuar peninggalan Belanda yang dibangun tahun 1885 di Anyer juga dikunjungi banyak wisatawan. Dari mercusuar setinggi 65 meter dan terdiri dari 17 lantai itu, wisatawan dapat melihat pesisir Pantai Anyer.

Di Kupang, Nusa Tenggara Timur, wisatawan lokal memadati sejumlah pantai wisata di Kabupaten dan Kota Kupang. Mereka membawa makanan serta tikar untuk duduk per kelompok sambil makan bersama. Sebagian pengunjung mandi air laut, sebagian lagi hanya berbincang-bincang di bibir pantai.

Empat pantai wisata termasuk satu sumber mata air paling banyak dikunjungi, yakni Pantai Tablolong di Kabupaten Kupang, Lasiana di Kota Kupang dan sumber mata air Baumata di Kabupaten Kupang, serta pantai wisata Goa Monyet di Tenau, Kabupaten Kupang. Pengamatan di empat tempat wisata ini, pengunjung sudah berdatangan dari pukul 08.00 WITA.

Di Ende, Nusa Tenggara Timur, obyek wisata Danau Triwarna Kelimutu di Kabupaten Ende, Pulau Flores, menjadi tempat favorit.

Di Purwakarta, Jawa Barat, Waduk Jatiluhur menjadi salah satu tujuan utama wisata. Di tempat ini, pengunjung menikmati wisata perahu melintasi Waduk Jatiluhur, berenang Water World, hingga menikmati sajian ikan bakar khas Jatiluhur.

Wisata religi

Selain wisata alam, beberapa warga juga berwisata religi. Di Demak, Jawa Tengah, banyak pemudik yang singgah ke Masjid Agung Demak, Makam Sunan Kalijaga, dan Menara Kudus. ”Kami juga ingin mengajak anak-anak mengetahui tempat-tempat bersejarah secara konkret, tidak hanya di dalam kelas,” kata Sudargo yang mudik dari Jakarta bersama istri dan dua anaknya.

Di Jakarta, selain Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah, Taman Impian Jaya Ancol, dan Monumen Nasional juga menjadi tempat wisata yang banyak di kunjungi wisatawan.

Pengelola TMII Jakarta memperkirakan pengunjung pada Senin bisa mencapai 50.000 orang.

Ellen (27), pengunjung, mengatakan memanfaatkan libur Lebaran untuk berekreasi. Ia datang bersama lima anggota keluarganya. ”Saya belum pernah ke TMII, jadi mau tahu suasananya,” kata warga Bogor itu. (DEN/KOR/ABK/SEM/HEN/CHE /ENG/EKI/ADH/ELD)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar